PTK Dikdas 2012

Standar

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang

    Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945, alinea ke-empat diamanatkan bahwa Pemerintah wajib melaksanakan pencerdasan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan cita-cita luhur itu, dalam BAB XIII. PENDIDIKAN, Pasal 31, diatur bahwa ayat (1) Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran, dan ayat (2) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional, yang diatur dengan undang-undang.

    Sejatinya, Pemerintah telah berupaya untuk merealisasikan amanat tersebut dari tahun ke tahun. Pemerintah juga telah menetapkan berbagai undang-undang untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan nasional dalam rangka pencerdasan kehidupan bangsa. Salah satu dari undang-undang dimaksud yaitu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pada pasal 2 dalam undang-undang tersebut ditetapkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

    Dari waktu ke waktu, Pemerintah menghadapi berbagai masalah yang sangat krusial dan perlu dipecahkan secara cerdas dan bijak demi tercapainya cita-cita yang amat luhur itu. Salah satu masalah dimaksud yaitu rendahnya kualifikasi akademik, kompetensi, dan profesionalisme PTK pendidikan dasar (dikdas), termasuk guru sekolah menengah pertama (SMP) yang disinyalir menjadi salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan nasional.

Sudah tentu, pemecahan masalah yang terkait dengan rendahnya kualifikasi akademik, kompetensi, dan profesionalisme guru nasional tersebut tidak mudah dipecahkan dengan serta merta. Hal demikian bukan hanya terkait dengan enerji, dana dan waktu, tetapi juga terkait dengan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan, dan kepastian jaminan mutu guru itu sendiri.

Berkaitan dengan itu, untuk mendukung terwujudnya pendidikan yang bermutu sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 5 ayat (1): Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu, maka peningkatan kualifikasi akademik, kompetensi, dan profesionalisme, serta pengembangan karir guru nasional tidak dapat ditunda lagi. Implikasinya adalah Pemerintah perlu menyiapkan regulasi, memformulasikan kebijakan, dan mengemas berbagai program peningkatan kualifikasi akademik, kompetensi, dan profesionalisme, serta pengembangkan karir guru sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Selanjutnya, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 8 mengamanatkan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sedangkan pada Pasal 9 mengatur bahwa kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat. Sementara itu, Pasal 10 menegaskan bahwa ayat (1) Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi, dan ayat (2) Ketentuan lebih lanjut mengenai kompetensi guru sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenag PAN dan RB) Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pasal 1 Butir 5, telah dirumuskan bahwa yang dimaksud dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Pengembangan keprofesionalan dimaksud merupakan salah satu komponen pada unsur utama yang kegiatannya diberikan angka kredit dan merupakan salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi oleh guru untuk kenaikan pangkat/ golongan dan jabatan setingkat lebih tinggi yang dalam konteks ini sangat erat kaitannya dengan pengembangan karir guru.

Agar guru dapat memenuhi angka kredit yang diwajibkan untuk pengusulan kenaikan pangkat/ golongan dan jabatan setingkat lebih tinggi sebagaimana dipersyaratkan pada Permeneg PAN dan RB dimaksud, maka guru dituntut untuk meningkatkan profesinalitasnya secara terus menerus melalui berbagai upaya, antara lain melalui pendidikan, bimbingan teknis, workshop, pelatihan, pengembangan profesi, dan kegaitan pendukung lainnya, baik melalui kegiatan di dalam maupun di luar kelompok kerja. Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan akan mendukung pengembangan karir guru yang mampu membangun dan merealisaikan terget pembangunan pendidikan nasional.

Dalam upaya membangun dan merealisasikan target pembangunan pendidikan nasional tersebut, Pemerintah sangat memerlukan guru yang mampu mengelola pembelajaran yang bermutu dan bermakna untuk menyiapkan masa depan bangsa dan negara yang madani. Pemerintah memerlukan guru yang dapat menghantarkan generasi muda yang bermartabat dan berbudaya, serta mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional. Pemerintah memerlukan guru yang dapat menghantarkan generasi muda untuk bersaing dan memenangkan persaingan pada bursa tenaga kerja global.

Sampai saat ini, fakta obyektif di lapangan menunjukkan kondisi lain. Eksistensi guru nasional cenderung kurang membanggakan. Hal demikian berakibat pada lambatnya peningkatan mutu pendidikan nasional sehingga kurang mendukung terwujudnya sumber daya manusia (SDM) pembangunan nasional yang andal dan profesional. Akibatnya, SDM nasional kurang mampu bersaing secaraa optimum, baik pada tataran nasional maupun internasional.

Sehubungan dengan itu, Pemerintah perlu meningkatkan kompetensi, mengembangkan profesionalisme, dan mengembangkan karir guru nasional melalui berbagai daya dan upaya. Salah satunya yaitu melalui pemberdayaan kelompok kerja, khususnya musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) untuk sekolah menengah pertama (SMP) di seluruh wilayah republik tercinta. Hal demikian karena secara empirik MGMP SMP tersebut telah menunjukkan partisipasi aktifnya dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme anggotanya di bidang pembelajaran. Oleh karena itu, MGMP SMP perlu didukung untuk meningkatkan frekuensi, intensitas, motivasi, disiplin, dan bertanggungjawab dalam pengembangan karir anggotanya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.

Secara empirik, pemberian bantuan dana kepada kelompok kerja guru, khususnya MGMP SMP, telah memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan mutu di tanah air. Pemberian bantuan dana kepada MGMP SMP tersebut telah mampu mendorong guru untuk mengembangkan karirnya secara proporsional dan membanggakan.

Sehubungan dengan itu, melalui bantuan dana yang diberikan Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, dan Kemdikbud, MGMP BAHASA DAERAH JAWA SMP Kota Malang melaksanakan kegiatan workshop Pengembangan Karir PTK dikdas tahun 2012. Pemberian bantuan ini dapat mendorong peningkatan partisipasi dan kontribusi MGMP BAHASA DAERAH JAWA SMP Kota Malang dalam pengembangan karir guru. Pada gilirannya, upaya tersebut diharapkan berdampak secara signifikan terhadap peningkatan mutu guru secara nasional, serta berimplikasi positif dalam peningkatan mutu pendidikan menuju standard nasional pendidikan.

 

  1. Dasar Hukum

    Dasar hukum yang digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan Pengembangan Karir PTK Dikdas MGMP BAHASA DAERAH JAWA Kota Malang, antara lain:

    1. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945: Pembukaan pada alinea 4, dan Bab XIII Pendidikan, pasal 31, ayat (1) dan ayat (2);
    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab XI Pendidik dan Tenaga Kependidikan, pasal 30 sampai pasal 44;
    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
    4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Bab XII PEMBINAAN DAN PENGAWASAN, Pasal 217 ayat (1);
    5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
    6. Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan;
    7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
    8. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2005 Tentang Pedoman Penyusunan dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal;
    9. Peraturan Presiden Republik Indonesi Nomor 67 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementrian Negara serta Susunan Organisasi, Tugas, Lembaga Negara;
    10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pengawas Sekolah;
    11. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi Akademik PTK;
    12. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru;
    13. Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;
    14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;

       

  2. Tujuan

    Secara umum, kegiatan pengembangan karir PTK dikdas ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan, efisiensi, dan akuntabilitas anggota MGMP SMP Kota Malang

    Secara khusus, kegiatan pengembangan karir PTK dikdas ini adalah untuk meningkatkan keefektifan dan efisiensi guru anggota MGMP SMP dalam pelaksanaan pengembangan karir PTK SMP oleh MGMP SMP dengan bantuan dana pengembangan karir PTK dari Direktorat P2TK Dikdas.

  3. Sasaran

    Sasaran pemberian bantuan dana pengembangan karir PTK dikdas adalah anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Negeri dan Swasta Kota Malang.

     

  4. Hasil yang Diharapkan

    Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Pengembangan Karir PTK dikdas kegiatan ini adalah sebagai berikut:

    1. Memiliki kesamaan persepsi dan komitmen yang tinggi untuk mengembangkan karir guru SMP yang terhimpun dalam kegiatan MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang;
    2. Mampu meningkatkan motivasi, frekuensi, dan intensitas kegiatan pengembangan karir guru anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang;
    3. Mampu meningkatkan pengembangan karir guru anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang

       

  5. Manfaat

    Kegiatan pengembangan karir PTK ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pengguna dana, khususnya MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang secara maksimal dalam peningkatan karir kepangkatan dan profesionalisme dan pengembangan pembelajaran selanjutnya.

     

  6. Dampak

    Dampak yang ingin dipetik melalui Pengembangan Karir PTK ini, antara lain:

    1. Meningkatnya frekuensi, intensitas, dan kebermaknaan saling tukar pikiran dan pengalaman antara anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang;
    2. Meningkatnya profesionalitas guru anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang yang dibuktikan melalui perubahan perilaku, kreativitas, dan inovasi dalam pengembangan karir;
    3. Meningkatnya keberdayaan MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang dalam pengembangan karir;
  7. Meningkatnya perolehan angka kredit guru SMP di Kota Malang;
    1. Meningkatnya kenaikan pangkat, golongan, ruang dan jabatan profesional guru SMP di Kota Malang;
  8. Meningkatnya karir guru Bahasa Daerah SMP di Kota Malang;
  9. Meningkatnya kegiatan MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP

    Kota Malang;

  10. Meningkatnya kinerja guru Bahasa Daerah SMP di Kota Malang;
  11. Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembelajaran;
  12. Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pendidikan nasional;
  13. Meningkatnya mutu dan kebermaknaan pembangunan nasional;

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

BAB II

PELAKSANAAN PROGRAM

  • Dasar Kerja

    Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Nomor 068/MGMP-BD/VI/2012, tentang Pelaksanaan dan Kepanitiaan Kegiatan Pengembangan Karir PTK DIKDAS mata pelajaran MGMP Bahasa Daerah Jawa Kota Malang tahun 2012

     

  • Waktu dan Tempat Pelaksanaan

     

  1. Waktu Pelaksanaan Kegiatan

    Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 16 pertemuan dari tanggal 4 Juni 2012 s/d 13 Agustus 2012

  2. Tempat Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan KARIR PTK DIKNAS MGMP SMP/MTs Kota Malang di adakan di SMP Negeri 12 Malang Jalan . S. Supriyadi 49 Malang Telepon, 0341 801169 dan SMP Negeri 18 Malang Jalan, Sukarno Hatta A.-394 Telepon : 472 418

     

  • Skenario Kegiatan

    Hari Ke -1 Peserta adalah Guru Bahasa Daerah SMP/MTs Negeri dan


    Swasta Kota Malang :

  1. Pembukaan dan pengarahan kebijakan tentang Pengembangan diri
  2. Publikasi Ilmiah
  3. Karya Inovatif
  4. Penulisan Karya Ilmiah

     


Hari Ke – 2 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Kegiatan Identifikasi
  2. Rumusan Masalah
  3. Pengembangan Karir PTK
  4. Latihan dan Tugas Penulisan

 

 


Hari Ke – 3 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Asistensi peserta
  2. Asistensi Draf Proposal
  3. Penyempurnaan Draf Proposal
  4. Asismen Penyusunan Instrumen

 


Hari Ke – 4 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Validasi
  2. Perbaikan Instrumen
  3. Pengumpulan Data
  4. Penugasan perorangan dan kelompok

     

Hari Ke – 5 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Pengumpulan Data
  2. Entry Data
  3. Pengolahan Analisis
  4. Penugasan perorangan dan kelompok

     

Hari Ke – 6 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Validasi
  2. Pengolahan Data
  3. Asistensi Pengolahan Data
  4. Interprestasi Data

     

Hari Ke – 7 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Presensi dan Validasi
  2. Analisis
  3. Interprestasi Data
  4. Penugasan perorangan dan kelompok

     

Hari Ke – 8 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Validasi
  2. Analisis
  3. Laporan
  4. Penyusunan Laporan

     

     

     

     

Hari Ke – 9 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Validasi
  2. Perbaikan Instrumen
  3. Asistensi Penyusunan Laporan
  4. Penugasan perorangan dan kelompok

 

Hari Ke – 10 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Seminar Hasil
  2. Perbaikan Instrumen
  3. Penyusunan Laporan
  4. Vinalisasi Laporan

 

Hari Ke – 11 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Asistensi
  2. Finalisasi
  3. Pengumpulan Data
  4. Presentasi Laporan

     

Hari Ke – 12 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Paparan Penulisan Artikel Jurnal
  2. Analisis Hasil Penelitian
  3. Penulisan Artikel
  4. Artikel Jurnal

 

Hari Ke – 13 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Validasi
  2. Analisis Hasil Penelitian
  3. Penulisan Artikel Jurnal
  4. Finalisasi Artikel Jurnal

 

Hari Ke – 14 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Validasi
  2. Penulisan dan Review
  3. Finalisasi Artikel Jurnal
  4. Penugasan kelompok dan Perorangan

     

 

Hari Ke – 15 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Validasi
  2. Paparan Penulisan
  3. Karya Ilmiah Populer
  4. Perumusan Masalah

 

Hari Ke – 16 Peserta Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Kota Malang :

  1. Penyusunan Draf Artikel
  2. Penyusunan Draf Karya Ilmiah Populer
  3. Review Populer
  4. Finalisasi Artikel Ilmiah Populer

     

  • Metode Pelatihan

    Metode pelatihan digunakan dalam pelatihan ini adalah metode pelatihan bagi orang dewasa (andragogi), yaitu ceramah, Tanya jawab, praktik, permainan, penugasan kelompok dan kerja mandiri. Dengan cara ini diharapkan peserta mampu memahami seluruh materi yang disajikan dalam pelatihan ini.

  • Jadwal Kegiatan Pelatihan

    Waktu Pelaksanaan 4 Juni 2012 s/d 13 Agustus 2012

NO

TGL/BLN/TH

TEMPAT

PERTEMUAN

MATERI

NARA SUMBER

1

4 Juni 2012

SMPN 12 Mlg

Pembukaan dan pengarahan kebijakan tentang Pengembangan diri

Publikasi Ilmiah

Karya Inovatif

Penulisan Karya Ilmiah

Prof. Dr. Sumadi,M.Pd

2

11 Juni 2012

SMPN 12 Mlg

Kegiatan Identifikasi

Rumusan Masalah

Pengembangan Karir PTK

Latihan dan Tugas Penulisan

Prof. Dr. Sumadi,M.Pd

3

18 Juni 2012

SMPN 12 Mlg

Asistensi peserta

Asistensi Draf Proposal

Penyempurnaan Draf Proposal

Asismen Penyusunan Instrumen

Prof. Dr. Sumadi,M.Pd

4

25 Juni 2012

SMPN 12 Mlg

Validasi

Perbaikan Instrumen

Pengumpulan Data

Penugasan perorangan dan kelompok

Prof. Dr. Sumadi,M.Pd

5

2 Juli 2012

SMPN 12 Mlg

Pengumpulan Data

Entry Data

Pengolahan Analisis

Penugasan perorangan dan kelompok

Dr. Roekhan, M.Pd

6

9 Juli 2012

SMPN 12 Mlg

Validasi

Pengolahan Data

Asistensi Pengolahan Data

Interprestasi Data

Dr. Roekhan, M.Pd

7

16 Juli 2012

SMPN 12 Mlg

Presensi dan Validasi

Analisis

Interprestasi Data

Penugasan perorangan dan kelompok

Dr. Roekhan, M.Pd

8

17 Juli 2012

SMPN 18 Mlg

Validasi

Analisis

Laporan

Penyusunan Laporan

Dr. Roekhan, M.Pd

9

23 Juli 2012

SMPN 18 Mlg

Validasi

Perbaikan Instrumen

Asistensi Penyusunan Laporan

Penugasan perorangan dan kelompok

Dr. Roekhan, M.Pd

10

30 Juli 2012

SMPN 18 Mlg

Seminar Hasil

Perbaikan Instrumen

Penyusunan Laporan

Vinalisasi Laporan

Dra. Husnul Khotimah, M.Pd

11

31 Juli 2012

SMPN 18 Mlg

Asistensi

Finalisasi

Pengumpulan Data

Presentasi Laporan

Dra. Husnul Khotimah, M.Pd

12

6 Agts 2012

SMPN 18 Mlg

PaparanPenulisan Artikel Jurnal

Analisis Hasil Penelitian

Penulisan Artikel

Artikel Jurnal

Dra. Husnul Khotimah, M.Pd

13

7 Agts 2012

SMPN 18 Mlg

Validasi

Analisis Hasil Penelitian

Penulisan Artikel Jurnal

FinalisasiArtikel Jurnal

Dra. Husnul Khotimah, M.Pd

14

8 Agts 2013

SMPN 18 Mlg

Validasi

Penulisandan Review

FinalisasiArtikel Jurnal

Penugasan kelompok dan Perorangan

Dra. Husnul Khotimah, M.Pd

15

9 Agts 2012

SMPN 18 Mlg

Validasi

Paparan Penulisan

Karya Ilmiah Populer

Perumusan Masalah

Dra. Husnul Khotimah, M.Pd

16

13 Agts 2012

SMPN 18 Mlg

Penyusunan

Draf Artikel

Penyusunan Draf Karya Ilmiah Populer

Review Populer

Finalisasi Artikel Ilmiah Popule

Dra. Husnul Khotimah, M.Pd

 

  • Pengarah, Narasumber, Peserta dan Panitia.
  1. Pengarah untuk kegiatan Pengembangan Karir PTK DIKDAS MGMP SMP sebanyak 2 orang yaitu Drs. Sulistyo Adji Selaku Pembina/ Koordinator dan Sudiyanto, S.Pd Ketua MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Negeri dan Swasta Kota Malang

     

  2. Narasumber/Trainer

    Narasumber untuk kegiatan pelatihan Pengembangan Karir PTK Dikdas MGMP adalah unsur dinas pendidikan terdiri atas Guru, Kepala Sekolah, Kabid Tendik Dinas Pendidikan Kota Malang, yang telah lulus Training of Trainer (ToT) Provincial Core Team (PCT) dan Distric Core Team (DCT) Perguruan Tinggi di Kota Malang yaitu :

N0.

Nama

Unit Kerja

Materi Yang disampaikan

1

Dra. Sri Wahyuningtyas,M.Si

Dinas Pendidikan Kota Malang

Kebijakan Pemerintah Tentang Standart Pendidikan Nasional

2

Prof.DR. Sumadi,M,Pd

Universitas Negeri Malang

Pengembangan diri

Publikasi Ilmiah

Media Pembelajaran Berbasis TI

3

DR. Roekhan, M.Pd

Universitas Negeri Malang

Interprestasi Penulisan PTK

Asismen Penulisan Laporan

Penyusunan Laporan

4

Dra. Husnul Khotimah, M.Pd

Kepala Sekolah

Penulisan Jurnal dan Artikel

Penyusunan Laporan Jurnal dan Artikel

5

Drs. Sulistyo Adji


 

Kepala Sekolah SMP Negeri 18 Malang

– Overview Penulisan Artikel

– Overview Penulisan PTK

6

Sudiyanto, S.Pd

Ketua MGMP

– Program Penunjang Ujian

– Tugas Kelompok

 

  1. Peserta

    Peserta Pelatihan Pengembangan Karir PTK Dikdas adalah Guru Bahasa Daerah Jawa SMP/MTs Negeri dan Swasta Kota Malang 41 Orang dengan daftar nama sebagai berikut :

 

N0

Nama

NIP

Unit Kerja

1

Lilik Tri H. S.Pd

19680714 200501 2010

SMP Negeri 1 Malang

2

Dra. Sunarsi

19570510 199303 2002

SMP Negeri 2 Malang

3

Dra. Ida Mutiawati

19590410 198503 2001

SMP Negeri 3 Malang

4

Licin Wijaya , S.Pd

19641229 198603 1014

SMP Negeri 4 Malang

5

Dra. Anik Pinarti

19671006 200801 2009

SMP Negeri 5 Malang

6

Sudianto, S.Pd

19611028 198603 1018

SMP Negeri 6 Malang

7

K. Sudarto, S.Pd

19580710 198603 1017

SMP Negeri 7 Malang

8

Elita, S.Pd

196004 20198111 2002

SMP Negeri 8 Malang

9

Tutik Mariyati, S.Pd

19640526 198512 2002

SMP Negeri 9 Malang

10

Wahyuningsih, S.Pd

10661008 198903 2007

SMP Negeri 10 Malang

11

Dra. Endang Sri Wahyuni

19570615 198003 2010

SMP Negeri 11 Malang

12

Sri Sulistijaningsih

19641222 198512 2003

SMP Negeri 12 Malang

13

Siti Maskanah, S.Pd

19600501 198203 2010

SMP Negeri 13 Malang

14

Endang Widyastuti

19590412 197903 2001

SMP Negeri 14 Malang

15

Sri Andayani, SE

19640711 198412 2006

SMP Negeri 15 Malang

16

Hari Prasetyo, S.Pd

19720923 199803 1001

SMP Negeri 16 Malang

17

Enny Wijayati, S.Pd

19590504 198903 2003

SMP Negeri 17 Malang

18

Saktya Khomsilawati, S.S

19681001 200501 2009

SMP Negeri 18 Malang

19

Dwi Prihatini, S.Pd

19730329 200501 2005

SMP Negeri 19 Malang

20

Tutik Mahmudah, S.Pd

19621104 198403 2009

SMP Negeri 20 Malang

21

Mohamad Afri Surahman,S.Pd

19840406 201001 1025

SMP Negeri 21Malang

22

Ros Sagitarani, S.Pd

19691207 200501 2008

SMP Negeri 22Malang

23

Erna Listyaningsih, SE

SMP Negeri 23 Malang

24

Lina Setyaningrum, S.Pd

19820624 201001 2019

SMP Negeri 24 Malang

25

Muhamad Yasin , S.Pd

19840902 201001 1009

SMP Negeri 25Malang

26

Arif Irfan Fauzi, S.Pd

19850524 201001 1013

SMP Negeri 26 Malang

27

Dra. Endang Suwityowati

SMP Nasional Malang

28

Dra. Tutik Malikah

SMP Sri Wedari

29

Nina Handayani, S.S

MTs Khotijah Malang

30

Nurmawati

SMP Kertanegara Mlg

31

Asih Rahayu, S.Pd

19700213 201001 2002

SMP Negeri 6 Malang

32

Sumarlik, S.Pd

19520416 197903 2003

SMP Negeri 3 Malang

33

Yuli Sabtunengari

19600907 198703 2005

SMP Negeri 12 Malang

34

Endang Puji Astuti, S.Pd

19650322 199002 2001

SMP Negeri 18 Malang

35

Sukini, S.Pd

19781115 2006042031

SMP Negeri 1 MAlang

36

Nike Kusumawati, S.Pd

19820728 2006042037

SMP Negeri 2 Malang

37

Anna Rohmawati, S.Pd

19740526 200604 2019

SMP Negeri 3 Malang

38

Evi Retnaeni, S.Pd

19710203 200604 2030

SMP Negeri 4 Malang

39

Suratmi, S.Pd

1980122820060 42023

SMP Negeri 10 Malang

40

Sumanto, S.Pd

19720309 2006041018

SMP Negeri 13 Malang

41

Drs. Toto Marwoto

SMP Ma’arif 2 Malang

 

 

 

 

 

 

  1. Kepanitiaan

Panitia Pelaksana Kegiatan ini berjumlah 10 Orang terdiri atas Pembina, Ketua, Wakil ketua, Sekretaris, Bendahara, Pengarah Acara, Pembantu Umum, Konsumsi dan Dokumentasi yang semuanya itu adalah pengurus MGMP Bahasa Daerah Jawa Kota Malang.

N0

Jabatan

Unsur

Nama

1

Pembina

Koordinator MGMP

Drs. Sulistyo Adji

2

Ketua

MGMP

Sudiyanto, S.Pd

3

Wk. Ketua

MGMP

Sri Sulistijaningsih, S.Pd

4

Sekretaris

MGMP

Endang Widyastuti

5

Bendahara

MGMP

Sumarlik, S.Pd

6

Pembawa Acara

MGMP

Endang Suwityowati, S.Pd

7

Konsumsi

MGMP

Wahjuningsih, S.Pd

8

Dokumentasi

MGMP

Endang Puji Astuti, S.Pd

9

Pembantu Umum

MGMP

Dra. Anik Pujiati

10

Pembantu Umum

MGMP

Katijo, S.Pd

 

  • Sumber Dana dan Penggunaannya
  1. Sumber dan alokasi Dana

    Dana untuk kegiatan ini berasal dari Pemberian Bantuan Dana Pengembangan Karir PTK Diknas MGMP SMP Tahun 2012 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

  2. Komponen Pembiayaan

    Dana Bantuan Pengembangan Karir PTK Dikdas MGMP SMP diperuntukan membiayai komponen pengeluaran :

    1. Uang harian (honor narasumber)
    2. Transport Lokal Narasumber dan peserta
    3. Bahan Pelatihan
    4. ATK Pelatihan
    5. Konsumsi Pelatihan
    6. Penyusunan Laporan
    7. Koordinasi dan Konsultasi
    8. Pajak

       

Besaran pengeluaran dana untuk setiap komponen pembiayaan disesuaikan dengan ketentuan yang diatur dalam satuan biaya umum yang berlaku.

Penggunaan Anggaran

Anggaran yang dipergunakan dalam workshop pengembangan karir PTK dikdas ini adalah sebagai berikut :

PENGGUNAAN DANA BLOCKGRANT Rp.28.000.000,00

           
           

PERSIAPAN 5 %

       
           

NO

URAIAN KEGIATAN

VOLUME

 

SATUAN

 

JUMLAH

1

TRANSPOT PENYUSUNAN PROPORSAL

3

8

Rp.25.000,00

Rp. 600.000,00

2

ATK PENYUSUNAN

     

Rp. 420.000,00

3

KONSUMSI

3

8

Rp.15.000,00

Rp. 380.000,00

           
 

Sub Total A

     

Rp. 1.400.000,00

           

PELAKSANAAN 90%

       
           

1

HONOR NARA SUMBER

3

8

Rp.250.000,00

Rp. 6.000.000,00

2

TRANSPOT PESERTA

41

8

Rp. 25.000,00

Rp. 6.560.000,00

3

KONSUMSI PESERTA + NARA SUMBER

50

8

Rp. 17.500,00

Rp. 7.000.000,00

4

TRANSPOT PANITIA

9

8

Rp. 75.000,00

Rp. 1.800.000,00

5

SARANA PRASARANA:

 

  

  

  

 

a.BANER

 

  

  

Rp. 150.000,00

 

b.ATK

 

  

  

Rp. 750.000,00

 

c.SERTIFIKAT

45

  

Rp. 5.000,00

Rp. 225.000,00

 

d.CD

35

  

Rp. 5.000,00

Rp. 175.000,00

 

e.DOKUMENTASI

 

  

  

RP. 250.000,00

 

f.SEWA GEDUNG + KEBERSIHAN

 

  

  

Rp. 750.000,00

 

LAIN-LAIN

 

  

  

Rp. 815.000,00

 

Sub Total B

  

  

  

Rp.25.200.000,00

           

 

PENYUSUNAN LAPORAN 2,5%

     
           

1

ATK

 

  

  

Rp. 380.000,00

2

TRANSPORT

4

2

Rp. 25.000,00

Rp. 200.000,00

3

KONSUMSI

4

2

Rp. 15.000,00

Rp. 120.000,00

  

Sub Total C

  

  

  

Rp. 700.000,00

           

PUBLIKASI 2,5%

       
           

1

Melalui Jawa Pos

  

  

  

Rp. 500.000,00

2

Web site

  

  

  

Rp. 200.000,00

  

Sub Total D

  

  

  

Rp. 700.000,00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

HASIL EVALUASI, MASALAH DAN PEMECAHAN, DAN TINDAK LANJUT

  1. Hasil Pelaksanaan Kegiatan

     

    Selama 16 Kali Pertemuan kegiatan Penulisan Pengembangan Karir PTK Dikdas MGMP SMP dilaksanakan dengan Materi Umum, Materi Pokok, Materi Penunjang, dengan kehadiran sebagai berikut :

     

NO

Peserta

Jumlah seharusnya Hadir

Jumlah Yang Hadir

Prosentase

Karena Sakit

(s)

Karena IJin

( i)

Karena Alasan

( a )

1

Guru

41

41

100 %

2

Kepala Sekolah

3

Pengawas Sekolah

 

 

Jumlah

41

41

100 %

     

 

 

  1. Berdasarkan hasil tes akhir diketahui daya serap mencapai rata-rata 100 % , dengan perincian sebagai berikut :

 

NO

Peserta

Prosentase Daya Serap

1

Guru

95

2

Kepala Sekolah

3

Pengawas

 

Jumlah

95

  1. Peserta Terbaik

    Berdasarkan hasil tes akhir dan penilaian aspek lainnya, terpilih peserta terbaik

     

NO

Peserta

Jumlah Nilai

Peringkat

1

Guru

97

1

2

Kepala Sekolah

3

Pengawas

 

  1. Kelayakan Penulisan Proposal PTK

     

NO

Peserta

Jumlah Peserta Layak

Jumlah Peserta Yang tidak Layak

1

Guru

41

2

Kepala Sekolah

3

Pengawas Sekolah

 

Jumlah

41

 

 

  1. Masalah dan Pemecahan Masalahnya

Identifikasi pemecahan masalah dapat dilakukan sebagai berikut :

 

NO

Masalah

Upaya Pemecahan

1

Waktu Pelatihan Terbatas

Diupayakan dengan penugasan kelompok dan kerja mandiri

2

Masih ada Guru Kurang tanggap terhadap teknologi Informatika dalam pengajaran

MGMP berupaya mengadakan kegiatan pelatihan secara rutin dalam pertemuan bulanan untuk menambah wawasan dalam mengupayakan metode pembelajaran berbasis Teknologi.

3

Dana Kegiatan Pertemuan Rutin untuk mendatangkan tenaga ahli atau pemateri

MGMP melakukan iuran rutin anggota dan mengambil sebagaian dari hasil penjualan LKS pada setiap sekolah bahan ajar yang beredar kerjasama dengan penerbit.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto kegiatan sebagai bukti hasil pelaksanaan program adalah sebagai berikut: (Presensi peserta terlampir)


 

Foto 1: Kegiatan Peer Teaching Guru Bahasa Daerah Jawa Setelah

Pembuatan Perangkat Pembelajaran pada semester Ganjil di

Ruang Kela Bahasa Jawa.

 

 

Foto . 2 : Kegiatan dalam penyusunan Program Tahunan dan Program

Semester SKL dan Media Pembelajaran


 

Foto 3: Instruktur Pelatihan Pendidikan Karater dan PIGP, PKG di SMK Negeri 6 Malang Anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa


Foto 4: Kegiatan Pelatihan Pendidikan Karater dan PIGP, PKG di SMK Negeri 6 Malang Anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa


Foto 5: Kegiatan Guru Bahasa Daerah Jawa Edit LKS dan Bahan Ajar

 

Foto 6 : Kegiatan siswa dan guru menulis tembang macapat sebelum

ditembangkan bersama


Foto 7: Kegiatan Edit Bahan ajar kelas 7,8,9 Semester Ganji dan genap


 

 

Foto 8: Kegiatan Diklat PKB, PKG, dan PIGP anggota MGMP Bahasa

     Bahasa Daerah Jawa Kota Malang


 

Foto. 9 : Kegiatan Revisi Buku Bahan ajar Kela 7,8,9


 

 

 

 

BAB III

RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

 

  1. Program
    1. Tempat dan waktu

      Tempat        : SMP Negeri 12 Malang

                   Jl. S . Supriyadi Kecamatan Sukun

                   Kota Malang            

      : SMP Negeri 18 Jalan, Sukarno Hatta A.-394

      Telepon : 472 418 Kota Malang


    Hari/ Tanggal    : 4 Juni 2012 – 13 Agustus 2012

     

    1. Sarana dan Prasarana

      Sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam workshop pengembangan karir PTK dikdas adalah sebagai berikut:

      1. Ruangan tempat pemberian materi
      2. LCD
      3. Laptop
      4. Hand-out

         

    2. Metode

      Metode yang digunakan dalam workshop pengembangan karir PTK dikdas adalah sabagai berikut:

      1. Ceramah
      2. Tanya jawab
      3. Diskusi
      4. Kerja Kelompok
      5. Brainstorming
      6. Role Playing
      7. Eksperiment
      8. Studi Dokumen
      9. Presentasi

         

    3. Struktur Program

      Materi dalam workshop pengembangan karir PTK dikdas ini adalah sebagai berikut, (Tabel 3):

NO

MATERI WORKSHOP

JAM

1

Pertemuan 1:

Paparan pengembangan karir PTK SMP, yang meliputi: pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif.

5

2

Pertemuan 2:

Kegiatan identifikasi, perumusan masalah dan penyusunan draf proposal, pengembangan karir PTK SMP

5

3

Pertemuan 3:

Asistensi dan penyempurnaan draf proposal pengembangan karir PTK SMP dan penyusunan dan asistensi penyusunan instrumen

5

4

Pertemuan 4:

Validasi dan perbaikan instrumen; pengumpulan data (Collecting Data)

5

5

Pertemuan 5

Pengumpulan, entry, pengolahan (analisis dan interpretasi) data

5

6

Pertemuan 6:

Pengolahan dan asistensi pengolahan (analisis dan interpretasi) data

5

7

Pertemuan 7:

Analisis dan interpretasi data

5

8

Pertemuan 8:

Analisis, interpretasi data dan penyusunan draf laporan

5

9

Pertemuan 9:

Penyusunan laporan, asistensi penyusunan laporan dan seminar

5

10

Pertemuan 10:

Perbaikan dan finalisasi laporan

5

11

Pertemuan 11:

Asistensi, finalisasi dan prosentasi laporan

5

12

Pertemuan 12:

Paparan penulisan artikel jurnal, analisis hasil penelitian, penulisan artikel jurnal, asistensi penulisan artikel jurnal

5

13

Pertemuan 13:

Analisis hasil penelitian, penulisan artikel jurnal

5

14

Pertemuan 14:

Penulisan, review dan finalisasi artikel jurnal

5

15

Pertemuan 15:

Paparan penulisan karya ilmiah populer, identifikasi dan perumusan masalah, penyusunan draf artikel ilmiah populer

5

16

Pertemuan 16:

Review draf artikel ilmiah populer, finalisasi artikel ilmiah populer

5

Jumlah

80

 

  1. Peserta

    Peserta workshop pengembangan karir PTK dikdas adalah anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang. Daftar peserta yang merupakan anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang terlampir.

  2. Penyaji/ Narasumber

    Penyaji workshop pengembangan karir PTK dikdas adalah sebagai berikut:

    1. Prof. DR. H. Sumadi , M.Pd. Universitas Negeri Malang
    2. Dr. H. Roekhan, M.Pd . Universitas Negeri Malang
    3. Dra. Hj. Khusnul Khotimah Kepala SMP Negeri 25 Kota Malang

       

  3. Kepanitiaan

    Kepanitian dalam workshop pengembangan karir PTK dikdas adalah sebagai berikut, (Tabel 4):

Penasehat

Drs. Sulistyo Adji

Koord. MGMP Bahasa Jawa SMP Kota Malang

Ketua Panitia

Sudiyanto, S.Pd

Ketua MGMP Bahasa Jawa SMP Kota Malang

Sekretaris

Sri Sulistijaningsih, S.Pd

Guru SMPN 12 Malang

 

Endang Puji astutik, S.Pd

Guru SMPN 18 Malang

Bendahara

Sumarlik, S.Pd

Guru SMPN 3 Malang

Sie Konsumsi

Endang Suwityowati, S.Pd

Guru Nasional Malang

Sie Perlengkapan

Katidjo, S.Pd

Guru SMPN 17 Malang

Pembantu Umum

Dra. Anik Pinarti

Guru SMPN 5 Malang

Pembantu Umum

Wahyuningsih, S.Pd

Guru SMPN 10 Malang

 

  1. Jadwal

    Jadwal kegiatan workshop pengembangan karir PTK MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang adalah sebagai berikut, (Tabel 5):

No

Pukul

Kegiatan

Penyaji

Keterangan

1

TANGGAL 04 Juni 2012 : Pertemuan 1

 

07.30-08.15

Presensi peserta

   
 

08.15-09.00

Pengembangan Diri

Prof. DR. Sumadi , M.Pd

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

09.00-09.45

Publikasi Ilmiah

   
 

09.45-10.00

Istirahat

   
 

10.00-10.45

Karya Inovatif

   
 

10.45-11.30

Karya Inovatif

   
 

11.30-12.30

Istirahat

   
 

12.30-15.00

Karya Inovatif

   

 

2

 

HARI Selasa TANGGAL 15 Mei 2012: Pertemuan 2

 

13.00-13.45

Kegiatan Identifikasi

   
 

13.45-14.30

Rumusan Masalah

   
 

14.30-15.15

Penyusunan Draf Proposal Pengembangan Karir PTK

Dr. Heri Purwanto , M.Si

Dosen Univ. Brawijaya Malang

 

15.15-15.30

Istirahat

   
 

15.30-16.15

Penyusunan Draf Proposal Pengembangan Karir PTK

   
 

16.15-17.00

Penyusunan Draf Proposal Pengembangan Karir PTK

   

3

HARI Selasa TANGGAL 22 Mei 2012: Pertemuan 3

 

07.30-08.15

Presensi peserta

   
 

08.15-09.00

Asistensi Draf Proposal Pengembangan Karir PTK SMP

Dr. Sumadi, M.Pd

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

09.00-09.45

Penyempurnaan Draf Proposal Pengembangan Karir PTK SMP

   
 

09.45-10.00

Istirahat

   
 

10.00-10.45

Penyusunan dan Asistensi Penyusunan Instrumen

   
 

10.45-11.30

Penyusunan dan Asistensi Penyusunan Instrumen

   

4

HARI Selasa TANGGAL 22 Mei 2012: Pertemuan 4

 

13.00-13.45

Validasi

Dr. Heri Purwanto , M.Si

Dosen Univ. Brawijaya Malang

 

13.45-14.30

Perbaikan Instrumen

   
 

14.30-15.15

Perbaikan Instrumen

   
 

15.15-15.30

Istirahat

   
 

15.30-16.15

Pengumpulan Data

   
 

16.15-17.00

Pengumpulan Data

   

5

HARI Selasa TANGGAL 29 Mei 2012: Pertemuan 5

 

07.30-08.15

Presensi peserta

   
 

08.15-09.00

Pengumpulan Data

Dr. Heri Purwanto , M.Si

Dosen Univ.Brawijaya Malang

 

09.00-09.45

Entry Data

   
 

09.45-10.00

Istirahat

   
 

10.00-10.45

Pengolahan (analisis dan Interpretasi) Data

   
 

10.45-11.30

Pengolahan (analisis dan Interpretasi) Data

   

6

HARI Selasa TANGGAL 29 Mei 2012: Pertemuan 6

 

13.00-13.45

Pengolahan Data

Drs. Supriyadi, M.Pd

Dinas Pendidikan Kota Malang

 

13.45-14.30

Asistensi Pengolahan (analisis dan Interpretasi) Data

   
 

14.30-15.15

Asistensi Pengolahan (analisis dan Interpretasi) Data

   
 

15.15-15.30

Istirahat

   
 

15.30-16.15

Asistensi Pengolahan (analisis dan Interpretasi) Data

   
 

16.15-17.00

Asistensi Pengolahan (analisis dan Interpretasi) Data

   

7

HARI Selasa TANGGAL 5 Juni 2012: Pertemuan 7

 

07.30-08.15

Presensi peserta

   
 

08.15-09.00

Analisis

Dr. Sumadi, M.Pd

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

09.00-09.45

Analisis

   
 

09.45-10.00

Istirahat

   
 

10.00-10.45

Interpretasi Data

   
 

10.45-11.30

Interpretasi Data

   

8

HARI Selasa TANGGAL 5 Juni 2012: Pertemuan 8

 

13.00-13.45

Analisis

Dr. Sumadi, M.Pd

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

13.45-14.30

Interpretasi Data

   
 

14.30-15.15

Penyusunan Draf Laporan

   
 

15.15-15.30

Istirahat

   
 

15.30-16.15

Penyusunan Draf Laporan

   
 

16.15-17.00

Penyusunan Draf Laporan

   

9

HARI Selasa TANGGAL 12 Juni 2012: Pertemuan 9

 

07.30-08.15

Presensi peserta

   
 

08.15-09.00

Penyusunan Laporan

Dr. Dany M. Handarini

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

09.00-09.45

Penyusunan Laporan

   
 

09.45-10.00

Istirahat

   
 

10.00-10.45

Asistensi Penyusunan Laporan

   
 

10.45-11.30

Asistensi Penyusunan Laporan

   

10

HARI Selasa TANGGAL 12 Juni 2012: Pertemuan 10

 

13.00-13.45

Seminar Hasil Penyusunan Laporan

Dr. Heny Indreswari

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

13.45-14.30

Seminar Hasil Penyusunan Laporan

   
 

14.30-15.15

Perbaikan

   
 

15.15-15.30

Istirahat

   
 

15.30-16.15

Finalisasi Laporan

   
 

16.15-17.00

Finalisasi Laporan

   

11

HARI Selasa TANGGAL 19 Juni 2012: Pertemuan 11

 

07.30-08.15

Presensi peserta

   
 

08.15-09.00

Asistensi

Dr. Dany M. Handarini

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

09.00-09.45

Finalisasi

   
 

09.45-10.00

Istirahat

   
 

10.00-10.45

Finalisasi

   
 

10.45-11.30

Presentasi Laporan

   

12

HARI Selasa TANGGAL 19 Juni 2012: Pertemuan 12

 

13.00-13.45

Presentasi Laporan

Dr. Heny Indreswari

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

13.45-14.30

Paparan Penulisan Artikel Jurnal

   
 

14.30-15.15

Analisis Hasil Penelitian

   
 

15.15-15.30

Istirahat

   
 

15.30-16.15

Penulisan Artikel Jurnal

   
 

16.15-17.00

Asistensi Penulisan Artikel Jurnal

   

13

HARI Selasa TANGGAL 26 Juni 2012: Pertemuan 13

 

07.30-08.15

Presensi peserta

   
 

08.15-09.00

Analisis Hasil Penelitian

Dr. Dany M. Handarini

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

09.00-09.45

Analisis Hasil Penelitian

   
 

09.45-10.00

Istirahat

   
 

10.00-10.45

Penulisan Artikel Jurnal

   
 

10.45-11.30

Penulisan Artikel Jurnal

   

14

HARI Selasa TANGGAL 26 Juni 2012: Pertemuan 14

 

13.00-13.45

Penulisan dan Review

Dr. Heny Indreswari

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

13.45-14.30

Penulisan dan Review

   
 

14.30-15.15

Finalisasi Artikel Jurnal

   
 

15.15-15.30

Istirahat

   
 

15.30-16.15

Finalisasi Artikel Jurnal

   
 

16.15-17.00

Finalisasi Artikel Jurnal

   

15

HARI Selasa TANGGAL 3 Juli 2012: Pertemuan 15

 

07.30-08.15

Presensi peserta

   
 

08.15-09.00

Paparan Penulisan Karya Ilmiah Populer

Dr. Dany M. Handarini

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

09.00-09.45

Paparan Penulisan Karya Ilmiah Populer

   
 

09.45-10.00

Istirahat

   
 

10.00-10.45

Identifikasi dan Perumusan Masalah

   
 

10.45-11.30

Identifikasi dan Perumusan Masalah

   

16

HARI Selasa TANGGAL 3 Juli 2012: Pertemuan 16

 

13.00-13.45

Penyusunan Draf Artikel Karya Ilmiah Populer

Dr. Heny Indreswari

Dosen Univ. Negeri Malang (UM)

 

13.45-14.30

Penyusunan Draf Artikel Karya Ilmiah Populer

   
 

14.30-15.15

Review Draf Karya Ilmiah Populer

   
 

15.15-15.30

Istirahat

   
 

15.30-16.15

Finalisasi Artikel Ilmiah Populer

   
 

16.15-17.00

Finalisasi Artikel Ilmiah Populer

   

 

  1. Rencana Anggaran

    Rencana anggaran yang akan dipergunakan dalam workshop pengembangan karir PTK dikdas ini adalah sebagai berikut, (Tabel 6):

PENERIMAAN DANA BLOCKGRANT Rp.28.000.000,00

           
           

PERSIAPAN 5 %

       
           

NO

URAIAN KEGIATAN

VOLUME

 

SATUAN

 

JUMLAH

1

TRANSPOT PENYUSUNAN PROPORSAL

3

8

Rp.25.000,00

Rp. 600.000,00

2

ATK PENYUSUNAN

     

Rp. 440.000,00

3

KONSUMSI

3

8

Rp.15.000,00

Rp. 380.000,00

           
 

Sub Total A

     

Rp. 1.400.000,00

           

PELAKSANAAN 90%

       
           

1

HONOR NARA SUMBER

2

8

Rp.300.000,00

Rp. 4.800.000,00

2

TRANSPOT PESERTA

35

8

Rp. 25.000,00

Rp. 7.000.000,00

3

KONSUMSI PESERTA + NARA SUMBER

35

8

Rp. 17.500,00

Rp. 4.900.000,00

4

TRANSPOT PANITIA

9

8

Rp. 75.000,00

Rp. 5.400.000,00

5

SARANA PRASARANA:

 

  

  

  

 

a.BANER

 

  

  

Rp. 150.000,00

 

b.ATK

 

  

  

Rp. 750.000,00

 

c.SERTIFIKAT

35

  

Rp. 5.000,00

Rp. 175.000,00

 

d.CD

35

  

Rp. 6.000,00

Rp. 210.000,00

 

e.DOKUMENTASI

 

  

  

RP. 250.000,00

 

f.SEWA GEDUNG + KEBERSIHAN

 

  

  

Rp. 750.000,00

 

LAIN-LAIN

 

  

  

Rp. 815.000,00

 

Sub Total B

  

  

  

Rp.25.200.000,00

           

 

PENYUSUNAN LAPORAN 2,5%

     
           

1

ATK

 

  

  

Rp. 380.000,00

2

TRANSPORT

4

2

Rp. 25.000,00

Rp. 200.000,00

3

KONSUMSI

4

2

Rp. 15.000,00

Rp. 120.000,00

  

Sub Total C

  

  

  

Rp. 700.000,00

           

PUBLIKASI 2,5%

       
           

1

Melalui Jawa Pos

  

  

  

Rp. 500.000,00

2

Web site

  

  

  

Rp. 200.000,00

  

Sub Total D

  

  

  

Rp. 700.000,00

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

PENUTUP

 

  1. Simpulan

    Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah dapat menyelesaikan penyusunan dengan judul “PENGEMBANGAN KARIR PTK DIKDAS: MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN BAHASA DAERAH JAWA KOTA MALANG TAHUN 2012” dengan baik.

    Hasil yang diharapkan dari workshop pengembangan karir PTK MGBK SMP Kota Malang ini adalah untuk meningkatkan pengembangan karir guru anggota MGMP BAHASA DAERAH JAWA SMP Kota Malang. Melalui workshop ini diharapkan kualitas dan kinerja guru Bahasa Daerah Jawa SMP di kota Malang dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada peserta didik. Sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal dan menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Kami berharap proposal ini dapat nominasi untuk diterima oleh tim penyeleksi dari Direktorat P2TK Dikdas. Atas diterimanya proposal ini kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang akan semakin lebih maju dan berkembang dalam usaha meningkatkan mutu kinerja tenaga pendidik dan kependidikan yang dapat berdampak kepada semakin meningkatnya mutu pendidikan di Indonesia.

 

  1. Rekomendasi

    Saran yang dapat kami sampaikan dalam penyusunan proposal pemberian dana pengembangan PTK dikdas ini adalah sebagai berikut:

    1. Keterlibatan seluruh pengurus, anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa untuk kesuksesan kegiatan ini amat sangat diharapkan.
    2. Dinas Pendidikan Kota Malang, untuk dapat memberikan stimulus, motivasi kepada kegiatan ini dengan memberikan tambahan bantuan dana sharing untuk penyelenggaraan kegiatan workshop pengembangan karir PTK dikdas ini.
    3. Kegiatan workshop ini akan memberikan makna yang lebih besar bila juga dilibatkan unsur dinas pendidikan, Guru Bimbingan dan Konseling , serta stakeholder lainnya.
    4. Semoga kegiatan workshop pengembangan karir PTK untuk MGMP Bahasa Daerah Jawa Kota Malang ini diridhoi oleh Allah, Swt dan senantiasa diberikan taufik serta hidayah kepada kita semua.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

  1. Susunan kepengurusan organisasi MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang dan daftar anggota MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang
  2. Fotokopi rekap kegiatan lengkap dan daftar hadir setiap kegiatan 1 tahun terakhir
  3. Surat pernyataan kesediaan melakukan publikasi hasil kegiatan
  4. Surat pernyataan kesanggupan melaksanakan program yang dibiayai melalui program pemberian bantuan dana pengembangan karir
  5. Fotokopi rekening yang masih aktif pada bank pemerintah atas nama MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang
  6. Fotokopi nomor pokok wajib pajak (NPWP) atas nama MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang
  7. MoU dan kwitansi yang sudah ditanda tangani oleh ketua MGMP Bahasa Daerah Jawa SMP Kota Malang calon penerima bantuan dana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH KOTA MALANG

D I N A S P E N D I D I K A N

MGMP BAHASA DAERAH JAWA

Sekretariat SMP Negeri 17 Malang

Jl. Pelabuhan Tanjung Priok No. 170 Telepon (0341) 802477 Malang


KEPUTUSAN

KOORDINATOR MGMP BAHASA DAERAH KOTA MALANG

Nomor : 004/MGMP-BDR/II/2011

Tentang

PEMBENTUKAN PENGURUS BARU MASA TUGAS 2008 SAMPAI 2011

MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN BAHASA DAERAH

DINAS PENDIDIKAN KOTA MALANG

KEPALA SMP NEGERI 17 MALANG SELAKU KOORDINATOR

MGMP BAHASA DAERAH

Menimbang : Bahwa dalam rangka memperlancar kegiatan
organisasi guru mata pelajaran Bahasa Daerah tingkat SMP Negeri dan Swasta di wilayah kota Malang, perlu menetapkan kepengurusan MGMP Bahasa Daerah Jawa

Mengingat : 1. Telah berakhirnya pengurus lama dalam masa tugas


2005-2008

2. Telah terbentuknya pengurus baru pereode

2008-2011

     Pada tanggal 10 Pebruari 2008

MEMUTUSKAN

Menetapkan :

 

KESATU : Pembagian tugas kepengurusan MGMP Bahasa Daerah untuk tugas operasional organisasi profesi tersebut dalam lampiran 1 Keputusan ini.

KEDUA : Memberi tugas kepada guru-guru SMP Negeri swasta

sebagaimana tercantum dalam pada lampiran 1

KETIGA : Segala biaya yang timbul akibat pelaksanaan keputusan

ini dibebankan pada anggaran yag sesuai.

KEEMPAT : Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam

keputusan ini, akan dibetulkan sebagaimana mestinya.

KELIMA : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

 

             Ditetapkan di : Malang

         Pada tanggal : 20 Nopember 2011

Mengetahui         Kepala SMP Negeri 17 Malang

Kepala Dinas Pendidikan     Selaku Koordinator MGMP

Pemerintah Kota Malang     Bahasa Daerah Kota Malang    


Dra.SRI WAHYUNINGTYAS, M.Si Drs. SULISTYO ADJI        

NIP. 19581218 198503 2 007     Nip. 195508171983031025

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH KOTA MALANG

D I N A S P E N D I D I K A N

MGMP BAHASA DAERAH JAWA

Sekretariat SMP Negeri 17 Malang

Jl. Pelabuhan Tanjung Priok No. 170 Telepon (0341) 802477 Malang


Lampiran 1 : Keputusan Koordinator MGMP Bahasa Daerah

Nomor : 004/MGMP-BDR/II/2011

SUSUNAN PENGURUS MGMP BAHASA DAERAH PEREODE 2008-2011

 

N0

NAMA dan NIP

UNIT KERJA

JABATAN PENGURUS

1.

 

2.

 

3.

 

4.

 

5.

 

6.

 

7.

 

8.

 

9.

Sudiyanto, SPd

NIP.196110281986031018

Sri Sulistijaningsih, SPd

NIP.131559757

Hj. Endang Widyastuti

NIP.130796894

Sumarlik, SPd

NIP.130802283

Tutik Mariyati, SPd

NIP. 131559195

Wahjuningsih, SPd

NIP.131383645

Endang Pujiastuti, SPd

NIP. 131879052

Katija

NIP. 131 631 724

Anik Pinarti, SPd

NIM. 1300000090

SMP N 6 Malang

 

SMP N 12 Malang

 

SMP N 14 Malang

 

SMP N 3 Malang

 

SMP N 9 Malang

 

SMP N 10 Malang

 

SMP N 18 Malang

 

SMP Negeri 17 Malang

SMP Negeri 5 Malang

Ketua I

 

Ketua II

 

Sekretaris

 

Bendahara I

 

Bendahara II

 

Pembantu Umum

Pembantu Umum

 

Pembantu Umum

Pembantu Umum

 

            Ditetapkan di : Malang

             Pada tanggal : 20 Nopember 2011

Mengetahui             Kepala SMP Negeri 17 Malang

Kepala Dinas Pendidikan     Selaku Koordinator MGMP

Pemerintah Kota Malang         Bahasa Daerah Kota Malang


Dra.SRI WAHYUNINGTYAS, M.Si Drs. SULISTYO ADJI        

NIP. 19581218 198503 2 007        Nip. 195508171983031025

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            

PEMERINTAH KOTA MALANG

D I N A S P E N D I D I K A N

MGMP BAHASA DAERAH JAWA

Sekretariat SMP Negeri 17 Malang

Jl. Pelabuhan Tanjung Priok No. 170 Telepon (0341) 802477 Malang

    

Lampiran II :     Keputusan Koordinator MGMP Bahasa Daerah

         Nomor : 004/MGMP-BDR/II/2011

PEMBAGIAN TUGAS

PENGURUS MGMP BAHASA DAERAH PEREODE 2008-2011

NO

JABATAN

URAIAN TUGAS

1.

Koordinator

Bertanggung jawab pada pelaksanaan MGMP

2.

Ketua

  1. Menyusun SK
  2. Merencanakan kegiatan MGMP
  3. Melaksanakan kegiatan MGMP
  4. Mengevaluasi Kegiatan MGMP
  5. Membuat laporan kegiatan MGMP
  6. Bertanggung jawab pada semua kegiatan MGMP

3.

Sekretaris

  1. Membuat undangan kegiatan
  2. Membuat notulen kegiatan
  3. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan MGMP
  4. Pengarsipan Kegiatan MGMP
  5. Menyusun jadwal kegiatan
  6. Merekap kegadiran peserta MGMP

4.

Bendahara

  1. Merencanakan biaya kegiatan MGMP
    1. Membuat laporan keuangan MGMP

    3. Mencatat uang masuk dan keluar dalam

    kegiatan MGMP

4. Menyiapkan pembiayaan kegiatan MGMP

5.

Pembantu Umum

Membantu semua kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh MGMP Bahasa Daerah

                    

            Ditetapkan di : Malang

            Pada tanggal : 20 Nopember 2011

Mengetahui             Kepala SMP Negeri 17 Malang

Kepala Dinas Pendidikan            Selaku Koordinator MGMP

Pemerintah Kota Malang         Bahasa Daerah Kota Malang    



Dra.SRI WAHYUNINGTYAS, M.Si     Drs. SULISTYO ADJI        

NIP. 19581218 198503 2 007     Nip. 195508171983031025

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR NAMA ANGGOTA MGMP BAHASA DAERAH JAWA

SMP KOTA MALANG

N0

Nama

NIP

Unit Kerja

1

Lilik Tri H. S.Pd

19680714 200501 2010

SMP Negeri 1 Malang

2

Dra. Sunarsi

19570510 199303 2002

SMP Negeri 2 Malang

3

Dra. Ida Mutiawati

19590410 198503 2001

SMP Negeri 3 Malang

4

Licin Wijaya , S.Pd

19641229 198603 1014

SMP Negeri 4 Malang

5

Dra. Anik Pinarti

19671006 200801 2009

SMP Negeri 5 Malang

6

Sudiyanto, S.Pd

19611028 198603 1018

SMP Negeri 6 Malang

7

K. Sudarto, S.Pd

19580710 198603 1017

SMP Negeri 7 Malang

8

Elita, S.Pd

196004 20198111 2002

SMP Negeri 8 Malang

9

Tutik Mariyati, S.Pd

19640526 198512 2002

SMP Negeri 9 Malang

10

Wahyuningsih, S.Pd

10661008 198903 2007

SMP Negeri 10 Malang

11

Dra.Endang SriWahyuni

19570615 198003 2010

SMP Negeri 11 Malang

12

Sri Sulistijaningsih

19641222 198512 2003

SMP Negeri 12 Malang

13

Siti Maskanah, S.Pd

19600501 198203 2010

SMP Negeri 13 Malang

14

Endang Widyastuti

19590412 197903 2001

SMP Negeri 14 Malang

15

Sri Andayani, SE

19640711 198412 2006

SMP Negeri 15 Malang

16

Hari Prasetyo, S.Pd

19720923 199803 1001

SMP Negeri 16 Malang

17

Enny Wijayati, S.Pd

19590504 198903 2003

SMP Negeri 17 Malang

18

Saktya Khomsilawati, S.S

19681001 200501 2009

SMP Negeri 18 Malang

19

Dwi Prihatini, S.Pd

19730329 200501 2005

SMP Negeri 19 Malang

20

Tutik Mahmudah, S.Pd

19621104 198403 2009

SMP Negeri 20 Malang

21

Mohamad Afri Surahman,S.Pd

19840406 201001 1025

SMP Negeri 21Malang

22

Ros Sagitarani, S.Pd

19691207 200501 2008

SMP Negeri 22Malang

23

Erna Listyaningsih, SE

SMP Negeri 23 Malang

24

Lina Setyaningrum, S.Pd

19820624 201001 2019

SMP Negeri 24 Malang

25

Muhamad Yasin , S.Pd

19840902 201001 1009

SMP Negeri 25Malang

26

Arif Irfan Fauzi, S.Pd

19850524 201001 1013

SMP Negeri 26 Malang

27

Dra. Endang Suwityowati

SMP Nasional Malang

28

Dra. Tutik Malikah

SMP Sri Wedari

29

Nina Handayani, S.S

SPM Khotijah Malang

30

Nurmawati

SMP Kertanegara Malang

31

Asih Rahayu, S.Pd

1970

SMP Negeri 6 Malang

32

Sumarlik, S.Pd

19520416 197903 2003

SMP Negeri 3 Malang

33

Yuli Sabtunengari

19600907 198703 2005

SMP Negeri 12 Malang

34

Endang Puji Astuti, S.Pd

19650322 199002 2001

SMP Negeri 18 Malang

 

 

 

 

 

DAFTAR HADIR PEMBUATAN PERANGKAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Senin, Minggu ke 2, Juni 2010

 

Ketua MGMP Bahasa Daerah Jawa Ketua MGMP Bahasa Daerah Jawa

 

Sudiyanto, S.Pd                 Sudiyanto, S.Pd

NIP.19611028198603 1018         NIP.19611028198603 1018

 

DAFTAR HADIR PELATIHAN MATERI TEMBANG DAN KARAWITAN

Senin, Minggu ke 2, Juli 2010

 

Ketua MGMP Bahasa Daerah Jawa Ketua MGMP Bahasa Daerah Jawa

 

Sudiyanto, S.Pd                 Sudiyanto, S.Pd

NIP.19611028198603 1018         NIP.19611028198603 1018

 

 

DAFTAR HADIR REVISI LKS SEMESTER GANJIL KELAS 7,8,9

Senin, Minggu ke 3, Agustus 2010

 

Ketua MGMP Bahasa Daerah Jawa Ketua MGMP Bahasa Daerah Jawa

 

Sudiyanto, S.Pd                 Sudiyanto, S.Pd

NIP.19611028198603 1018         NIP.19611028198603 1018


 

Tinggalkan komentar